Kelompok Tani Mekar Jaya Kembangkan Produk Gula Semut untuk Tingkatkan Ekonomi

By Admin BKSDA Sumsel 12 Apr 2022, 12:44:30 WIB Halo #SobatBKSDA
Kelompok Tani Mekar Jaya Kembangkan Produk Gula Semut untuk Tingkatkan Ekonomi

OKU Selatan (11/4) – Salah satu kelompok binaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel), yaitu Kelompok Tani Mekar Jaya telah mengembangkan produk gula semut sebagai salah satu sumber peningkatan ekonomi mereka. Pada Senin, 11 April 2022, Petugas KPHK Gunung Raya mendampingi proses pembuatan gula semut di Desa Simpang Sender Utara, Kecamatan Buay Pematang Ribu (BPR) Ranau Tengah, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Dalam pendampingannya, Petugas menyarankan agar seluruh anggota Kelompok Tani Mekar Jaya menanam batang aren sejak dini di kebun masing-masing atau pada areal khusus yang disediakan kelompok, untuk menjamin ketersediaan stok air nira yang merupakan bahan baku utama pembuatan gula semut.

Baca Lainnya :

Selain itu, masyarakat dihimbau agar selalu melaporkan perkembangan usahanya sesuai dengan bunyi yang tertuang di dalam AD/ART Kelompok Tani Mekar Jaya. Petugas juga mengingatkan agar kelompok dapat menjaga dan memanfaatkan alat pembuatan gula semut yang diberikan BKSDA Sumsel dengan seefisien dan sebaik mungkin. Ke depan, diharapkan pangsa pasar produk gula semut dapat diperluas bukan hanya di Kecamatan BPR Ranau Tengah saja, melainkan ke kecamatan ataupun kabupaten lainnya.

“Penanaman pohon aren akan dilakukan di masing-masing kebun kelompok tani. Alat yang diberikan oleh BKSDA Sumsel berupa mesin oven sudah digunakan sehingga proses pembuatan gula semakin cepat. Namun, untuk alat mesin ventilator belum bisa digunakan karena rendahnya daya listrik, Saat ini masih dilakukan pengajuan tambahan daya. Pemasaran saat ini masih menunggu sertifikat halal’’, ujar salah satu anggota Kelompok Tani pada kegiatan pembuatan gula semut di OKU Selatan, Senin (11/4).

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kelompok Tani Mekar Jaya kepada Pimpinan BKSDA Sumsel dan jajarannya atas bantuan dan bimbingan yang sudah diberikan kepada mereka.






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment