Hot News: Temuan Spot Baru Rafflesia arnoldii di Suaka Margasatwa Isau-Isau

By Admin BKSDA Sumsel 01 Jul 2022, 11:44:15 WIB Flora
Hot News: Temuan Spot Baru Rafflesia arnoldii  di Suaka Margasatwa Isau-Isau


Lahat (30/6) – Salah satu flora langka, Rafflesia arnoldii kembali ditemukan di lokasi baru wilayah Suaka Margasatwa (SM) Isau-Isau, tepatnya di Desa Air Lingkar, Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat. Tim Resort Konservasi Wilayah (RKW) VIII Kedaton Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) menerima informasi dari masyarakat mengenai penemuan lokasi baru flora endemik Rafflesia arnoldii di SM Isau-Isau. Setelah mendapatkan informasi mengenai penemuan bunga tersebut, tim BKSDA Sumsel yang diwakili oleh RKW VIII Kedaton pada tanggal 30 Juni 2022 berkoordinasi dengan ketua Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) Beringin Jaya beserta anggotanya untuk mengecek penemuan lokasi baru Rafflesia arnoldii di Ataran Piringan Ilir. Sebelumnya, tim SKW II Lahat telah berhasil mengidentifikasi 5 spot Rafflesia arnoldii yaitu di Air Lingkar (1 lokasi), Lawang Agung (2 lokasi) dan Pagar Agung (2 lokasi).

Personil RKW VIII Kedaton BKSDA Sumsel bersama KTHK Beringin Jaya segera menuju lokasi tempat ditemukannya bunga Rafflesia arnoldii untuk melakukan pengecekan dan pengambilan data. Berdasarkan hasil pengecekan diketahui bunga Rafflesia arnoldii yang sudah mekar berjumlah 1 buah, yang masih berbentuk bonggol berjumlah 14 bonggol dan yang sudah busuk berjumlah 11 buah. Dalam kurun waktu 1 bulan kedepan 14 bonggol tersebut diperkirakan akan mekar.

Baca Lainnya :

Tim RKW VIII Kedaton memberikan arahan dan sosialisasi kepada anggota KTHK untuk bersama-sama menjaga lokasi baru penemuan bunga Rafflesia arnoldii tersebut. Selain itu tim RKW VIII Kedaton juga melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Air Lingkar terkait adanya flora endemik langka Rafflesia arnoldii di kawasan SM Isau-Isau. Personil menyampaikan kepada Kepala Desa supaya menjaga dan menghimbau warga desa dan masyarakat untuk menjaga flora endemik Sumatera Rafflesia arnoldii yang keberadaannya di alam semakin langka. Upaya penyelamatan flora endemik Sumatera ini sangat penting untuk dilakukan dengan dukungan dari masyarakat desa penyangga kawasan SM Isau-Isau.

Selanjutnya akan dilakukan perlindungan habitat dan monitoring pertumbuhan dari bunga Rafflesia arnoldii. Kepala SKW II, Martialis Puspito Khristy Maharsi mengatakan "Monitoring terhadap pertumbuhan Rafflesia arnoldii akan dilakukan berkala dengan intensitas memperhatikan kondisi pertumbuhan bonggol yang semakin intensif saat menjelang mekar oleh tim RKW VIII Kedaton. Hal ini untuk memastikan bahwa 14 bonggol yang ditemukan tersebut dapat terjaga dan termonitor saat mekar sempurna. Penemuan spot baru Rafflesia arnoldii ini berdasarkan informasi oleh masyarakat yang sedang berproses dalam kemitraan konservasi sehingga kondisi tersebut menunjukkan relasi sinergis antara masyarakat dan BKSDA Sumsel dalam pengelolaan keanekaragaman hayati di SM Isau-Isau. Selain itu dengan spot baru ini SM Isau-Isau memiliki 6 spot Rafflesia arnoldii yang dalam perlindungannya dilakukan secara partisipatif bersama masyarakat.”





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment