Eloknya Bunga Rafflesia arnoldii yang Sedang Mekar di Suaka Margasatwa Isau-Isau

By Admin BKSDA Sumsel 29 Jun 2022, 11:15:30 WIB Flora
Eloknya Bunga Rafflesia arnoldii yang Sedang Mekar di Suaka Margasatwa Isau-Isau

Muara Enim (28/6) – Salah satu bunga langka, Rafflesia arnoldii tengah mekar sempurna di wilayah Suaka Margasatwa (SM) Isau-Isau, tepatnya di Desa Pagar Agung, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim. 

Sebelumnya Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) menemukan bunga tersebut tumbuh di SM Isau-isau pada tanggal 20 Mei 2022 dan segera melakukan tindaklanjut berupa pengecekan dan pengamatan. Kemudian pada hari Selasa (28/6), Tim BKSDA Sumsel bersama dengan Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) Sumur Jaya Mandiri dan Mahasiswa Pecinta Alam (Masopala) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sriwijaya mendapatkan Rafflesia arnoldii yang tumbuh di akar tersebut tengah mekar.

Setelah itu, Tim BKSDA Sumsel segera melakukan pengukuran terhadap bunga Rafflesia arnoldii dan didapatkan keliling lingkaran 277 cm dengan diameter 92 cm.

Baca Lainnya :

Menurut Priatna et al (1989) dalam Ramadhani et al (2017), Rafflesia arnoldii perlu dijadikan prioritas dalam pelestarian karena populasinya kecil dan merupakan spesies endemik yang terbilang langka di alam. Kelangkaan tersebut karena rafflesia memiliki sifat-sifat biologi yang berbeda dengan tumbuhan lainnya yaitu memiliki daur hidup tahunan, memparasiti spesies liana tertentu, dan perkembangbiakan sulit (Mukmin, 2008 dalam Ramadhani et al, 2017). Hal ini mengarah pada dugaan bahwa rafflesia memilih kondisi lingkungan tertentu untuk mendukung perkembangbiakan dan pertumbuhannya.

Keberadaan Rafflesia arnoldii di SM Isau-isau mengindikasikan lingkungan di kawasan ini masih baik. Maka dari itu, mari kita jaga SM Isau-isau agar tetap lestari.






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment